Tangkahan English

There is so much Fun

in Tangkahan

Surganya Wisata Gajah

Buat gw, gajah itu keren. Besar dan kuat, namun sifatnya yang justru relatif lembut. Dan mungkin itu alasannya kalau di beberapa film, gajah digambarkan sebagai raja hutan yang sebenarnya. Ok, cukup basabasinya.

Berlokasi masih di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan - suatu desa terpencil yang asri - adalah salah satu tujuan wisata terbaik bagi para pecinta gajah. Kira-kira ada lebih dari 1 lusin gajah yang dirawat dan dilatih untuk berinteraksi dengan manusia di sini. Dengan tambahan suasana lingkungannya yang masih super asli dan hijau, Tangkahan sangat cocok bagi anda yang ingin melarikan diri dari masalah perkotaan - atau hutang - dengan berkemah di tengah hutan desa ini selama 4 tahun.

Mandi Gajah

Get There

Kota besar terdekat dari Tangkahan adalah Medan. Dalam kunjungan ini, saya mendarat di Bandara Medan dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan moda kereta api yang cukup cool (karena kereta nya full AC). Oh iya, ongkos tiket waktu itu adalah 100rb, jadi - lumayan lah ya. 

Gajah Tangkahan

Untuk ke Tangkahan-nya sendiri, lo bisa sewa mobil pribadi atau dengan bis. Detailnya kurang lebih seperti ini:

Medan - Tangkahan (100km++)

Private Car (3-4 jam): IDR 500k - 600k

Bus (5-6 jam): IDR 30-40k

Bis (Pembangunan Semesta) biasanya berangkat dari Terminal Pinang Baris sekitar jam 10 pagi jadi ya pastiin lo sampai terminal sebelum jam segitu. Dari yang gw liat di Internet, ada 2 bus yang berangkat ke Tangkahan setiap harinya yaitu di jam 10 pagi dan jam 1 siang. Tapi kalau gw mah enggak bakalan gantungin keberuntungan gw di bis ke 2, secara bis itu bisa aja nggak jadi berangkat kalau penumpangnya sedikit. Jadi, mending kita main aman dengan cara bangun pagi dan standby di terminal sebelum jam 10.

Dimandiin Gajah

Just a few trick. Banyak orang yang males buat ke terminal karena calo-nya. Nah, saran dari gw, begitu sampe terminal, langsung lah buat menuju ke warung terdekat. Abis itu lo bisa beli minum, atau makan, atau apapun itu - jadi lo punya alasan buat nunggu di dalam warung. Disana lo bisa dapat perlindungan dari si empunya warung sekaligus minta tolong untuk diingatkan ketika bis yang lo tuju sudah sampai. Sama seperti lelaki, calo-calo itu suka berdusta. Biasanya mereka selalu bilang kalau bis ke Tangkahan sudah berangkat jadi lo nggak ada pilihan lain selain charter mobil ke mereka. Jadi gw ulangin lagi, selama lo udah standby di terminal sebelum jam 10 pagi, harusnya bis ke Tangkahan itu masih ada dan belum berangkat.

 

Setelah buat perjanjian dengan si ibu warung supaya lo diingetin waktu bis datang, duduk aja yang anteng soalnya ya kurang jelas juga kapan bis nya bakalan tiba dan berangkat. Untuk kasus gw, bis datang jam 10.40 dan berangkat jam 11. Gw pilih untuk nunggu bis di warung soto medan yang cukup ramai di kalangan dunia perterminalan Pinang Baris. Perjalanan ke Tangkahan itu panjang dan panas gan, jadi jangan lupa sarapan *care :3

Get Around

Desa Tangkahan hanya berjarak beberapa menit dari pemberhentian bus terakhir. Lo bisa minta tolong dengan warga setempat buat memilih penginapan lo. Sebenarnya ada 2 lokasi penginapan sebagai opsi - yang sebelum, atau yang sesudah jembatan gantung. Harga per malam tahun 2016 sekitaran 100rb - 250rb. Yang paling populer sih biasanya Mega Inn, tapi suka fully booked kalau belum ada reservasi (http://www.mega-inn-tangkahan.op-het-web.be). Rumah makan juga banyak tersedia dengan kisaran harga IDR 15k to 50k. Jangan lupa juga buat bayar tiket masuk taman nasional begitu lo sampai disana.

Sungai Tangkahan

Mandi Gajah

Ini sih primadona-nya Tangkahan - dimana lo bisa berinteraksi dengan gajah selama 1 jam penuh. Tersedia 2 event setiap harinya dan lo bakalan disediakan sikat dan seplastik makanan (buat gajah ya, bukan buat lo - kecuali lo doyan pelepah pisang..) jadi lo bisa mandiin sambil ngasih cemilan ke gajah-gajah itu. Seru sih buat ngerasain pengalaman dimandiin (baca = semprot) sama gajah sembari ngegosokin kulit dan nyuapin doi. Kita yang bayar dia yang dimanja :|

 

Bathing time: 08.30 & 15.30

Price: IDR 100k - 1 hour

Elephant Banthing

Trekking dengan Gajah

Menunggangi gajah dan menelusuri hutan Tangkahan / menyebrangi sungai - enggak kebayang sih gimana asyik nya. Dan kalau buat gw sih nggak kebayang juga gimana mahalnya ~:D Yang jelas, dengan durasi 1 jam, lo bakalan ditemenin sama hewan besar ini buat menjelajah lingkungan Tangkahan. Event ini biasanya selalu full berhubung kapasitasnya yang terbatas. Jadi alangkah baiknya kalau lo reservasi tempat terlebih dahulu di beberapa provider tour Tangkahan yang lo bisa jumpai di internet - kalau emang lo tertarik buat nyobain. Ongkosnya kira-kira kisaran 600rb per orang.

Gajah di Sungai

Gelugur Waterfalls

Cruising the river and Explore deeper

Jungle Trekking + Jelajah Sungai

Tangkahan itu enggak mesti cuma tentang gajah. Sebenarnya, pemandangan sama lokasinya yang super asri yang buat para pengunjunganya ketagihan untuk kembali ke sana. Benar-benar suasana tropis! Pertama lo bisa jelajahin hutan hujan tropis nya dan setelah itu kembali ke desa sembari tubing di sungai. Ada beberapa paket tour yang ditawarkan seperti trekking keluarga, medium atau full-day trekking. Setelah trekking, lengkapin paket lo dengan ambil 'river tubing' jadi lo enggak usah capek-capekan jalan lagi buat balik ke desa. Dengan mengambil paket river tubing, lo bisa sekalian pergi ke Air Terjun Gelugur yang memang cuma bisa diakses via sungai. Buat kesana, kira-kira jaraknya sekitar 45 menit via river tubing, setelah itu butuh 45 menit lagi buat sampai di desa. 

 

Medium Trekking (60 minutes) + River Tub (1.5 hours): IDR 400k 

Paket Makan Siang Romantis :3 : IDR 200k for 2 persons.

Trekking Tangkahan
Hutan Tangkahan
Air Terjun Tangkahan
Show More

A River of Memory

Pada dasarnya, gw pergi ke Tangkahan karena wisata gajahnya. Namun, ya yang tadi gw bilang, Tangkahan bukan cuma soal gajah. Lingkungan disana masih super orisinil. Turis sih banyak, tapi warga lokal disana benar-benar menjaga keasrian dan keseimbangan lingkungan. Sungai disana sangatlah cocok dengan gambaran sungai alami yang ada di pikiran gw. Bersih, jernih, air nya yang dingin - dan dikelilingi rindangnya hutan tropis. Dengan kombinasi pilihan aktivitas outdoor yang bisa lo lakuin disana, Tangkahan bikin liburan lo seakan komplit. It is a true escape and the beauty of its river simply can’t get my mind away of it.

Gajah Mandi