English
Sunset Pantai Klayar

Satu lagi tujuan seru buat nenangin waktu weekend lo. Pacitan memang sudah terkenal sebagai kota seribu goa - ya walopun goa nya enggak ampe seribu juga sih. Yang jelas, daerah mini kelahiran Bapak SBY ini memiliki beberapa pantai keren dengan ombak yang juga cocok buat surfing.

Kenapa lo musti ke sini:

  • Lansekap kotanya yang keren. Dikelilingi oleh bukit dan berlokasi tepat di pinggir pantai membuat lo bisa ngiterin Kota Pacitan hanya dalam waktu 30 menit.

  • Banyak pantai-pantai dengan view unik yang menurut gw sangat bagus untuk jadi objek fotografi. Lokasinya yang dekat antara satu sama lain juga menambah poin plus kenapa Pacitan cocok sebagai 'weekend gateway'.

  • Mau belajar surfing di Pulau Jawa? Yes you can!

Get There

Nggak usah khawatir buat ngebolang di sekitaran Pulau Jawa karena transportasi umum memang sudah sangat layak di daerah ini. Selalu ada bis yang bisa nganterin lo ke Pacitan mau lo dari arah Surabaya atau Solo. Beberapa pilihan travel juga tersedia kalau lo mengkhendaki perjalanan yang lebih nyaman.

 

Shuttle Service / Travel

Surabaya - Pacitan: IDR 140-165rb | 6-7 jam - 270km

Jogja - Pacitan: IDR 55-75rb | 3 jam - 110km

Solo - Pacitan: IDR 50-60rb | 3 jam - 110km

 

Bus

Surabaya - Pacitan: 40-55rb

Solo - Pacitan: 25-35rb

Pantai Pacitan

Get Around

Berangkat ke Pacitan emang gampang, tapi poin minus nya ya buat cari transportasi untuk muterin Kota Pacitan itu sendiri. Berhubung angkot sangat terbatas di sana - apalagi buat ngunjungi pantai-pantainya yang relatif jauh dari pusat kota, jadi satu-satunya alternatif adalah dengan sewa kendaraan pribadi - baik itu mobil atau motor. Gw belom pernah nyoba sih buat rental motor, tapi dari beberapa info di Google, harusnya nggak susah-susah banget buat ngedapetinnya. Untuk sewa mobil sendiri juga relatif gampang apalagi kalau lo juga mau sekalian sewa drivernya. Yang gw liat sih kayanya sewa mobil lepas kunci untuk di Pacitan nggak bakalan segampang di Bali atau Banyuwangi. But it's worth a try!

Arya-homestay (+62-813-2838-0948) 

 1. Rental motor: IDR 50-70k

 2. Car Rental lengkap dengan driver + fuel for 12 jam: IDR 700k

Walaupun Pantai Klayar berlokasi sekitar 40km dari Kota Pacitan, tapi pantai ini sangatlah mudah untuk dikunjungi via Google Maps. Mungkin ada 1 hal sih yang jadi catatan berdasarkan pengalaman gw kemarin. Google Maps bakalan selalu ngarahin lo ke tujuan berdasarkan rute terpendek dari lokasi lo saat itu, jadi kalau lo memulai perjalanan lo dari Kota Pacitan, at least se-pengalaman gw kemarin - lo bakalan di arahin via jalur alternatif yang kondisinya agak sedikit mendebarkan kalau gw bilang. Namanya juga alternatif, jadi lo bakalan di arahin via tanjakan curam yang kondisi aspalnya rada memprihatinkan gitu lah - terutama untuk mobil matic.

 

So, kalau lo mengarah ke Klayar dari Kota Pacitan dan lo harus berpatokan kepada Google Maps, enaknya ya tetap tanya-tanya aja sama warga lokal biar lo diarahin via jalur besarnya. Kondisinya beda banget! Jalur resmi ke arah Klayar emang udah bagus banget dan enggak ada tuh yang namanya tanjakan super curam. Nah kalau lo berangkat ke Klayar via Jogja / Solo, bisa tuh lo pakai GMaps dengan tenang karena dia akan nunjukin tepat ke jalur resmi ini. 

Buat fotografer, Klayar itu seksi. Ini bukan sekedar pantai dengan pasir putih - karena di Klayar ada hamparan batu karang dan tebing menjulang yang jelas cocok buat jadi foreground lo sewaktu lo hunting sunrise maupun sunset. Atau, kebayang nggak sih buat ambil milkyway shot dengan pemandangan seascapes kaya gitu. Dari tempat parkir, lo bisa lanjut jalan ke arah kiri sampai lo lihat ada bukit yang bisa nunjukin lo bagaimana keindahan Klayar dari atas. Akesnya mudah dan sudah cukup terfasilitasi dengan baik. Sekitar jam 3 atau 4 sore, di daerah situ juga bakalan dibuka akses untuk menyaksikan "seruling alam" - peristiwa dimana ada pancuran air setinggi 5-6 meter yang diikuti suara gemuruh seperti seruling.

 

Udah? Ya belom lah. Yang paling menarik ada di pantai sebelahnya. Jadi kalau lo naik ke bukit yang gw bilang di atas itu, lo bakalan perhatiin di sisi kiri lo juga ada pantai super flat dan luas - yang ketika gw disana tahun 2016 sih - nggak ada pengunjungnya sama sekali. Hal itu dikarenakan emang nggak ada akses jelas buat menuju kesana. Gw kurang paham bagaimana kondisinya sekarang, tapi kalau waktu itu - walaupun aksesnya nggak jelas - tetep sih lo bisa perlahan ngerangkak di sekitaran batuan tebing buat turun ke pantai itu. Nggak curam bro, relatif gampang malahan. Mungkin cuma ketutupan aja, tapi begitu lo mendekat ke daerah yang menurut lo bisa diturunin, ya hajar aja. Aman kok! Yang jelas gw suka banget pantai itu karena walaupun mungkin ada sekitar 100 orang lebih di Klayar, tapi cuma ada 1 orang yang bermain-main di pantai itu - which is, ya gw.

 

Kalau lo berencana buat nginep, ada banyak homestay di sekitaran pantai dan beberapa restoran juga ada yang buka sampai 24 jam. Waktu kemarin sih gw prefer buka tenda atau nggak sekedar tidur aja di dalem mobil. Buat catetan lo, kalo lo ke sana waktu malam minggu, makin malam bukannya makin sepi tapi ini justru makin ramai. Malahan bener-bener ramai banget sih..

Pantai Banyutibo ini berlokasi hanya sekitar 15 menit dari Pantai Klayar - tentunya dengan kendaraan bermotor / mobil ya, bukan jalan kaki. Pantai ini cukup populer terutama dikarenakan oleh air terjun kecilnya yang langsung jatuh ke pantai. Kalau lo pergi ke sini, jangan puas dengan cuma ngelihat air terjun mini nya aja ya, tapi jalan terus ke arah kiri dari gate masuk dimana lo bakalan menyusuri batu karang besar, dan nantinya lo bakalan nemuin pantai pasir lainnya. Dari situ, lo bisa terus lanjutin jalan kaki buat kunjungin pantai-pantai lainnya yang juga bertetangga - dan pastinya, kosong~. Hati-hati aja waktu lo menyusuri pantai karena terkadang ombak nya bisa dateng dengan sangat deras.

Nggak banyak destinasi lainnya yang gw kunjungin waktu terakhir gw ke Pacitan. Gw emang denger tentang Pantai Batu Bolong, atau Goa Gong - which is salah satu destinasi paling populer di Pacitan. Cuma yah, berhubung waktu itu gw cuma mampir selagi weekend, jadi belom sempet juga buat datengin ke semuanya. Yang jelas, kalau lo lagi di seputaran Jogja atau Solo, dan lo mau mencari suatu destinasi wisata yang nggak terlalu mainstream, jelas Pacitan adalah pilihan tepat buat ngisi weekend lo. See ya!